Beranda Informasi Sekolah Selayang Pandang : Makna Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia (Wawancara Khusus Dengan Guru...

Selayang Pandang : Makna Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia (Wawancara Khusus Dengan Guru PPKN SMP Muhammadiyah 1 Gresik, Bapak Drs. Abdul Rohim)

473
0
Foto : Drs. Abdul Rohim (Guru PPKN)

SPEMUTU NEWS-GRESIK

Foto : Drs. Abdul Rohim (Guru PPKN)

 

Seringkali kita mendengar kata proklamasi, apalagi ketika bulan Agustus, Bulan dimana Indonesia Merdeka. Tapi pada kenyataanya masih banyak yang belum tahu apa itu Proklamasi, bahkan ketika ditanya juga tentang Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia masih banyak yang kebingungan.

Untuk lebih paham lagi tentang  makna Makna Proklamasi kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia, mari kita simak Wawancara Khusus dengan guru PPKN SMP Muhammadiyah 1 Gresik, Bapak Drs. Abdul Rohim.

Secara Umum beliau memaparkan setidaknya ada 5 Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia, diantaranya adalah;

  1. Sebagai Titik Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia ialah sebagai hasil jerih payah seluruh rakyat dalam mengusir penjajah dan memperjuangkan haknya. Sudah kita ketahui bersama jika rakyat Indonesia terdahulu sudah berjuang mati matian mulai dari penjajahan Belanda hingga penjajahan Jepang.

Akan tetapi perjuangan semua itu terlunasi sudah saat Indonesia berhasil memproklamasikan dirinya sebagai sebuah negara yang merdeka.Walaupun penjajahan oleh bangsa Bangsa Belanda ataupun bangsa Jepang sudah berakhiri, akan tetapi ini merupakan titik awal perjuangan bangsa Indonesia sebgai bangsa yang merdeka untuk membangun Negeri.

  1. Menjadi Pernyataan De Facto

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia selanjutnya ialah menjadi pernyataan de facto. Arti dari pernyataan de facto adalah pengakuan kedaulatan sebuah negara oleh negara lain. Pada saat Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945, hal ini lah yang menjadi pengakuan kepada dunia luar  bahwa Indonesia telah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka. Setelah pengakuan de facto, ada yang namanya pengakuan de jure. Pengakuan de Jure adalah pengakuan secara Internasioanal terhadap suatu negara yang secara resmi.

  1. Menaikkan Martabat Bangsa

Naiknya martabat Indonesia merupakan bagian dari Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia. Sejak Indonesia Memproklamasikan Kemerdekaannya, sejak saat itulah harkat martabat bangsa kita meningkat karena negara-negara yang pernah menjajah Indonesia dulu telah mengakui kemerdekaan Indonesia. Sehingga tidak ada yang namanya penjajahan atau pun penindasan untuk Indonesia.

  1. Dapat Memulai Perjuangan Sebagai Negara Baru

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia selanjutnya ialah sebagai babak baru dalam berkehidupan bernegara. Sejak proklamasi kemerdekaan dikumandangkan bangsa Indonesia, sejak saat itu juga pemerintahan dimulai dengan tujuan untuk membangun negara yang lebih baik lagi. Dan yang jelas bukan lagi menjadi bangsa yang terjajah yang mana pemerintahannya masih dibawah penjajah.

 

5.Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia yang terkahir adalah sebagai tonggak sejarah. Proklamasi merupakan titik awal kemerdekaan Indonesia. Makanya adanya proklamasi menjadikan adanya sebuah bangsa baru bernama Indonesia yang menentukan nasibnya sendiri serta tidak mau lagi dijajah oleh bangsa asing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here