Beranda Berita Pendidikan Profesor Hasriadi: IPK 4,0 tak Ada Gunanya kalau…

Profesor Hasriadi: IPK 4,0 tak Ada Gunanya kalau…

281
0

Mahasiswa/i. llustrasi Foto: Dipta/dok.infomu.id.com

BANDAR LAMPUNG – Rektor Universitas Lampung (Unila) Profesor Hasriadi Mat Akin mengatakan, keberadaan perguruan tinggi ditujukan untuk mencerdaskan mahasiswa dan mahasiswi secara intelektual, emosional dan spiritual.

Sehari-harinya, menurut Hasriadi, perguruan tinggi terkesan lebih banyak mencerdaskan intelektualitas mahasiswa. Jika sebatas kesan, itu sah-sah saja.

“Tapi sesungguhnya pada setiap perguruan tinggi pasti banyak organisasi yang didirikannya. Itu adalah alat mencerdaskan emosional dan spiritual,” kata Hasriadi, saat memberikan sambutan pada acara Seminar dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, di Kampus Unila, Kota Bandar Lampung, Rabu (7/9).

Karena alasan mencerdaskan emosional dan spritual itu juga, lanjut rector, pada setiap perguruan tinggi ada wakil rektor bidang kemahasiswaan. 

“Bidang tersebut tugas pokoknya adalah mencerdaskan emosional dan spiritual,” ujarnya.

Dia jelaskan, hadirnya seribu mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Lampung dalam Seminar dan Sosialisasi Empat PiIar MPR RI ini sesungguhnya sebuah proses mencerdaskan emosional dan spiritual.

“Kami sadar betul bahwa 80 persen keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kecerdasan emosional dan spiritual karena ini akan menghasilkan karakter dan integritas. Kecerdasan intelektual hanya berkontribusi sekitar 20 persen untuk kesuksesan hidup seseorang,” ungkapnya.

Ditegaskan rektor, IPK 4,0 tak ada gunanya kalau karakter tidak dimiliki. 

jpnn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here