Beranda Artikel Guru Menerapkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak, Dengan Konsep Ecotheology

Menerapkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak, Dengan Konsep Ecotheology

267
0
Ach. Sihabul Fathon, S.Pd (Guru Pendidikan Lingkungan Hidup)
Ach. Sihabul Fathon, S.Pd

Di sadari ataupun tidak, Agama merupakan dimensi kehidupan yang selama ini terlupakan dalam menyelesaikan problem lingkungan hidup, padahal semua ajaran agama menganjurkan untuk selalu menjaga alam.

Konsep ecoteology kiranya bisa menjadi acuan untuk memberikan nilai-nilai pendidikan mengenai lingkungan, dengan mengkolaborasikan nilai-nilai agama dan esensi dari disiplin ilmu lingkungan. Khususnya di dunia pendidikan, untuk pembentukan karakter pada anak agar cinta pada lingkungan, selalu menjaga alam, maka perlu adanya menyelipkan materi mengenai konsep ecoteolgy dengan materi lingkungan hidup, salah satu contoh ayat Al-Qur’an yang menerangkan agar selalu menjaga alam adalah :

” Dan carilah terhadap segala yang dianugerahkan Allah kepada engkau negeri akhirat,dan janganlah engkau melupakan bagianmu dari (kehidupan) dunia dan berbuat baiklah engkau sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah engkau membuat kerusakan di bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai para pembuat kerusakan ”. (QS Al Qasas 28 : 77).

Produk luaran dari penerapan konsep ecoteology di lingkungan sekolah ini adalah, agar tercipta karakter pada setiap diri siswa untuk selalu peduli, cinta terhadap lingkungan sekolahanya dan lingkungan alam pada umunya, sehingga kedepannya akan tercipta suasana lingkungan sekolah yang sejuk, asri, dan nyaman digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here