Beranda Uncategorized Libatkan IPM, Spemutu Adakan Baksos Hewan Kurban

Libatkan IPM, Spemutu Adakan Baksos Hewan Kurban

10
0

Libatkan IPM, Spemutu Adakan Baksos Hewan Kurban

Kemarin, Kamis (23/8/2018) menjadi hari istimewa untuk SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Jam 6 pagi, halaman spemutu sudah ramai dipenuhi para siswa yang siap bermasyarakat. Merayakan Idul Adha, spemutu mengadakan kegiatan baksos 2 ekor sapi. Kegiatan baksos yang dilaksanakan di Masjid Nurul Iman, Dusun Kampung, Desa Pucung, Kecamatan Balongpanggang ini melibatkan takmir masjid Nurul Iman, masyarakat sekitar desa pucung, para guru dan staf karyawan spemutu, tim IPM spemutu dan anggota tim jurnalis spemutu.

Koordinator acara, Wakiya S.Ag yang juga selaku Wakil Urusan ISMUBA spemutu mengatakan bahwa kegiatan baksos keluar seperti ini sudah dilakukan kurang lebih selama 18 tahun. “Hampir setiap tahun, di setiap Hari Raya Idul Adha, kami mengadakan kegiatan baksos seperti ini. Tahun pertama kegiatan ini, kami menyumbang 12 ekor kambing untuk Panti Asuhan Muhammadiyah di Desa Mojopuro Gede, Bunga, Gresik” imbuhnya. Di tengah-tengah kegiatan sembelih hewan kurban, ketika diwawancarai, dia juga menambahkan bahwa baksos keluar daerah ini bertujuan untuk memperhatikan kesejahteraan warga. Selain itu, hal ini juga bisa melatih tim IPM untuk bersosialisasi dengan masyarakat luar.

Dua sapi yang dikurbankan, yang masing-masing beratnya hampir 300 kg, merupakan hasil dana yang terkumpul dari wali murid, tokoh masyarakat, tokoh Muhammadiyah, pengurus majelis, serta komite sekolah. Sedangkan untuk pemilihan daerah baksos, spemutu memiliki dua kriteria yang harus dipenuhi yaitu desa tersebut merupakan desa binaan Muhammadiyah dan juga merupakan masyarakat dari kalangan menengah ke bawah.

Di lokasi baksos juga dijumpai Ketua Takmir Masjis Nurul Iman, Sutjipto Hadi. Menurutnya, ini merupakan kedua kalinya ia menerima bantuan baksos hewan kurban seperti ini. Baksos yang pertama ia terima adalah hewan kurban dari SMA Muhammadiyah 1 Gresik. “Tentu saya senang, karena ketika menerima hewan kurban seperti ini, para warga menyambut gembira. Memang sebagian besar masyarakat sini adalah masyarakat dari kalangan bawah”, ungkapnya.

Pembagian daging hewan kurban akan dilakukan merata. Seluruh warga Desa Pucung yang terdiri atas sekitar 176 Kepala Keluarga ini akan menerima daging kurban dari takmir masjid Nurul Iman. Di akhir kegiatan, Sutjipto Hadi berharap bahwa baksos seperti ini bisa dilakukan lagi untuk tahun-tahun berikutnya.

Tim IPM yang berperan besar dalam kegiatan ini, yang terlibat langsung dalam rentetan kegiatan yang berlangsung, dipimpin oleh Ketua IPM Spemutu yaitu Adam Al Naufal. Naufal, sapaan akrabnya, yang menjabat sebagai IPM selama dua periode ini, mengungkapkan bahwa tim nya senang dengan kegiatan seperti ini karena dengan begini timnya bisa belajar untuk bersosialisasi dengan masyarakat. “Yang harus dipersiapkan jelas pertama adalah mental, karena kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang tidak semua anak bisa bekerja sama di dalamnya. Sebagian terkadanga ada yang muntah, takut darah, dan sebagainya. Jadi persiapan mental adalah yang terpenting”, ungkapnya ketika ditanya tentang persiapan yang dilakukan timnya. Di akhir wawancaranya, ia juga berharap bahwa di tahun-tahun berikutnya, setelah ia tak lagi menjabat sebagai anggota IPM lagi, timnya akan lebih kompak lagi dalam bekerja sama, serta ia mengharapkan akan lebih banyak kegiatan lagi yang melibatkan Tim IPM.

Kegiatan seperti ini juga merupakan salah satu bagian dari Sinergitas Sekolah Satu Kompleks di bawah naungan PCM Gresik. Semoga semakin banyak lagi kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan kerja sama antara sekolah-sekolah di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Kecamatan Gresik (Awiyan/Naqyah/Handalas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here