Beranda Uncategorized Lancar Baca Hadits Tanpa Harakat, Guru Lulusan Maroko Ini Dapat Buku

Lancar Baca Hadits Tanpa Harakat, Guru Lulusan Maroko Ini Dapat Buku

19
0

Nadjib Hamid, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur terlihat ‘enteng’ ketika menyampaikan materi pada kegiatan Baitul Arqam yang diadakan oleh Majelis Dikdasmen Gresik, Sabtu (5/1/2019).

Materi yang disampaikan Nadjib mengusung tema Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah. Di awal penyampaian materinya, ia menampilkan 2 buah hadits berbahasa Arab tanpa harakat. Ia meminta pada peserta Baitul Arqam untuk membaca hadits tersebut. “Saya ingin tahu keaslian Muhammadiyah para guru disini. Saya enggan mendengar orang-orang beranggapan bahwa guru Muhammadiyah tidak bisa baca Bahasa Arab” ungkapnya.

Salah seorang guru SMP Muhammadiyab 1 Gresik, Kurniawati Meylianingrum terlihat percaya diri mengangkat tangan untuk membaca hadits. Diketahui, Nia-sapaan akrab Kurniawati merupakan seorang guru Bahasa Arab yang pernah mengenyam pendidikan Srata 1 (S1) di University Ibn Tofail, Kenitra, Maroko dengan Program Beasiswa Pemerintah Maroko dari Kemenag. “Saya sudah lancar membaca bahasa Arab walau tanpa harakat karena saya sudah mempelajari Bahasa Arab selama 9 tahun. Selain itu, bahasa Arab merupakan bahasa komunikasi selama saya kuliah di Maroko” ujar guru asal klaten ini.

Usai berhasil menjawab tantangan, Nadjib memintanya maju ke depan. Nadjib memberikan hadiah berupa buku pada dua orang guru yang berhasil menjawab tantangan. Seorang guru lainnya, selain Kunia adalah Asmunardi yang diketahui merupakan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 1 Gresik.

Di akhir penyampaian materinya, Nadjib mengungkapkan bahwa seorang guru harus punya inisiatif untuk selalu belajar. “Inisiatif itu sangat diperlukan. Kalau tak inisiatif, sama dengan makhluk tak hidup” tuturnya.

Penulis : Awiyan Subekti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here