Beranda Artikel Guru Konsepsi Pendidikan Karakter Menurut KH. Ahmad Dahlan

Konsepsi Pendidikan Karakter Menurut KH. Ahmad Dahlan

298
0
Ach. Sihabul Fathon, S.Pd (Guru Pendidikan Lingkungan Hidup)

Konsepsi pendidikan karakter yang di gagas dan di kembangkan Oleh KH. Ahmad Dahlan adalah menyatukan ilmu pengetahuan dan keagamaan, ilmu pengetahuan dan keagamaan adalah dua senjata ampuh yang di gunakan untuk merubah taraf hidup menjadi lebih baik pada saat zaman kolonial Belanda. untuk menghadapi strategi sosial akibat dari dampak moderenisasi, KH. Ahmad Dahlan merujuk pada al-qur’an dan menghilangkan sikap fatalisme dan taqlid.

Ach. Sihabul Fathon, S.Pd (Guru Pendidikan Lingkungan Hidup)

Proses pendidikan karakter yang di berikan KH. Ahmad Dahlan kepada muridnya di lakukan sikap perlan namun pasti (alon-alon asal kelakon).bertindak atau melakukan menghafalkan amal kebaikan adalah sesualu yang lebih penting daripada sekedar membaca dan menghafal surat sebanyak-banyaknya. Hafalan surat yang banyak namun tidak diimbangi dengan pemahaman dan melaksanakan isi surat tersebut, di nilai
kurang bermanfaat oleh beliau. Oleh karenanya, metodenya dalam mengajar murid-muridnya adalah adalah bukan hanya membaca dan menghafal surat-surat dari Ar-Qur’an, tapi dengan memahami makna dan kemudian melaksanakannya atau mengamalkannya untuk kebaikan hidup sehari-hari.

Dasar pendidikan Akhlak KH. Ahmad Dahlan di dasari oleh ajaran islam yang terdiri dari 3 perkara, iman, ilmu dan amal menjadi dasar dari usaha pendidikan yang di lakukannya. Iman atau keyakinan di dalam hati yang menjadi dasar awal, yang kemudian di lanjutkan dengan ilmu atau pengetahuan untuk mendukung keyakinan yang sudah di miliki. setelah iman dan ilmu di miliki, maka seseorang akan ikhlas melakukan sebuah perbuatan yang sudah menjadi ketentuan agama. (OM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here