Beranda Uncategorized Implementasi Kerja Sama dengan Universitas Ciputra, Spemutu Pamerkan Bengkel Kreatif

Implementasi Kerja Sama dengan Universitas Ciputra, Spemutu Pamerkan Bengkel Kreatif

104
0

Seperti yang diketahui bahwa sejak memasuki Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019, Spemutu Gresik menggandeng Universitas Ciputra Surabaya sebagai partner untuk mengembangkan gagasan sebagai Entrepreneurship School. Setelah workshop Pembelajaran Entrepreneur sukses dilaksanakan, kemudian kegiatan berlanjut pada One Day Student Explore.

Pada kegiatan itu, para siswa melakukan 3 kegiatan diantaranya yaitu lomba kampanye dan kebersihan kelas, lomba cipta puisi serta lomba hias damar kurung. Spemutu saat ini mengunggulkan Program Lisa (Lihat Sampah Ambil) untuk menjaga kebersihan sekolah. Jika lingkungan bersih, maka belajarpun menjadi semakin nyaman. Satu minggu setelah diumumkan kegiatan tersebut, pemenang lombapun diumumkan melalui polling suaara dari para bapak serta ibu guru. Pada sistem polling tersebut terdapat dua kelas dengan skor yang sama yaitu kelas VIII B dan IX D. Namun, Juaraa terbaik berhasil diraih oleh kelas VIII B. Dewan juri memiliki pertimbangan lain, yaitu nilai yang didapatkan para siswa VIII B saat melakukan orasi atau kampanye kebersihan di depan umum, lebih tinggi dari pada kelas IX D.

Selain itu, Jumat (5/10/2018) ketika para orang tua siswa serta wali murid datang mengunjungi sekolah untuk pengambilan raport sisipan tengah semester ganjil, Spemutu memamerkan hasil-hasil karya siswa selama ini. Hasil karya siswa dikumpulkan menjadi satu dalam suatu tempat yang dinamakan Bengkel Kreatif Siswa. Karya tersebut adalah karya-karya yang dikerjakan ketika One Day Student Explore yaitu Damar Kurung. Lalu, ada beberapa karya yang merupakan tugas untuk mata pelajaran tertentu contohnya Prakarya dan Seni Budaya. Dalam pameran tersebut, dapat kita jumpai beberapa hasil karya yang tidak asing bagi kita, seperti damar kurung, kerajinan tangan berbasis daur ulang, ada hiasan ukiran yang terbuat dari sabun, dan lain-lain.

Bening Satria, adalah sosok dibalik adanya ide kreatif Bengkel Kreatif Siswa. Penggagas Bengkel Kreatif Siswa yang merupakan Guru Olahraga ini mengungkapkan bahwa, hasil kerajinan para siswa layak untuk dipamerkan di depan para wali murid. “Momen yang pas adalah waktu ketika pengambilan Rapor Hasil Belajar. Jadi para wali murid bisa memahami bagaimana aktivitas anak-anaknya ketika di sekolah” ujarnya.

Selain itu, di event pengambilan raport sisipan kali ini, Spemutu juga melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam di Palu dan Donggala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here