Beranda Informasi Sekolah Bentuk Karakter Disiplin Siswa, Kolaborasikan Program “PASSING” (Password dan Finger)

Bentuk Karakter Disiplin Siswa, Kolaborasikan Program “PASSING” (Password dan Finger)

615
0

⌈SPEMUTU NEWS⌉ GRESIK- Disiplin dan kebahagiaan siswa merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaan, kepatuhan dan ketertibaan.Dengan adanya kedisiplinan di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan tentram di dalam kelas. Siswa yang disiplin dan bahagia yaitu siswa yang biasanya hadir tepat waktu, taat terhadap semua peraturan yang diterapkan disekolah, serta berprilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

SMP Muhammadiyah 1 Gresik, mempunyai cara yang inovatif untuk membentuk karakter siswa dan mungkin belum di miliki oleh sekolah-sekolah lain, pembentukan karakter yang di inginkan adalah disiplin, bahagia, anggun dalam moral, dan pembiasaan Bahasa Asing. Cara yang digunakan untuk pembentukan karakter tersebut adalah dengan mengkolaborasikan Program “PASWORD dan FINGER”.

Bapak H. Machfudl Asyrofi, M.Si selaku Guru ISMUBA menjelaskan, “ yang di maksud dengan program pasword adalah sebuah kalimat motivasi dan atau kalimat sapaan yang menggunakan Bahasa Arab, Bahasa Inggris, namun di sisi tujuannya program pasword mempunyai tujuan untuk membentuk karakter disiplin siswa, pengembangan dan pembiasaan bahasa asing, serta untuk mengakrabkan antara siswa dengan bapak/ibu dewan guru” Tegasnya.

Program pasword juga di kembangkan dengan Agenda “English Hour” yang di laksanakan setiap hari Rabu, dan di jalankan oleh para siswa, program English Hour tersebut adalah sebagai bentuk out put atau produk luaran dari pembiasaan bahasa inggris melalui program pasword tadi, sehingga anak-anak dalam pembiasaan menggunakan bahasa asing semakin terbiasa.

 

Sedangkan program finger yang menjadi kolaborasi dari program pasword, mempunyai tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, finger yang dilakukan siswa akan langsung terkirim ke orang tua siswa melalui sms, sehingga apabila siswa tidak atau belum melakukan finger, maka siswa di nyatakan belum hadir ke sekolah. Hal ini di pertegas oleh Bapak Achmad Ashari, S.Pd Selaku kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Gresik, “ memang program finger ini sangat di harapkan mampu menciptakan kepribadian siswa yang displin dan bahagia, apalagi program finger ini di padukan dengan program pasword, sehingga saya yakin siswa akan merasa bahagia ketika datang ke sekolah dan semangat untuk belajar” pungkasnya.

Jadi dapat di simpulkan bahwa Dengan adanya kedisiplinan dan kebahagiaan di sekolah diharapkan mampu menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman Sehingga siswa mampu memahami bahwa nilai disiplin dan rasa bahagia itu bukanlah bernilai demi disiplinnya itu sendiri, melainkan demi tujuan lain yang lebih luas, yaitu demi stabilitas dan kedamaian hidup bersama. (om)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here